815 Data Guru di Kabupaten Tangerang Bocor Kedunia Maya

Oleh : IRFAN A

Tangerang, Nusamedia.id Kebocoran data Pribadi Milik sejumlah guru di Kabupaten Tangerang, Banten, ke dunia maya berisi data pribadi seperti nama guru, tempat tanggal lahir, alamat, nomor induk kependudukan, nama ibu kandung, dan sekolah tempat mengajar.

Data pribadi milik 815 guru sekolah menengah atas atau sederajat di Kabupaten Tangerang, Banten, bocor ke dunia maya. Data sejumlah 815 guru tersebut rencananya digunakan untuk pembuatan buku tabungan secara kolektif tersebar melalui laman penyimpanan dokumen berbasis online atau digital.

Kepala Bidang Humas Polda Banten Ajun Komisaris Besar Shinto Silitonga mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten telah berkoordinasi dengan tim polisi siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Banten. Saat ini sedang menelusuri dugaan pembobolan data pribadi milik guru tersebut.

”Sudah penyelidikan awal terkait kebocoran data atau askes ilegal. Tim juga mengecek sistem keamanan dari data dinas terkait,” ucapnya.

Secara terpisah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banten Tabrani mengatakan, data pribadi para guru tersebar luas melalui laman penyimpanan file atau dokumen secara daring. UPTD Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan telah berkoordinasi dengan tim polisi siber dan sudah ada terduga pembocor data tersebut.

”Polda bakal panggil dan klarifikasi untuk cari tahu motifnya. Dari dinas ada sanksi karena perbuatan itu merugikan banyak guru,” katanya.