Jakarta Tambah Lokasi Ganjil – Genap

Oleh : Pemi Sukendro, SE

Jakarta, Nusamedia.id Jakarta akan menambah kembali lokasi ganjil – genap. Sebanyak 10 titik lokasi yang akan ditambah sistem ganjil – genap tersebut setelah Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta sepakat menambah titik lokasi jalan yang akan diberlakukan sistem ganjil genap di Ibu Kota, Senin (25/10/2021).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, Kini, total ada 13 jalan yang diterapkan sistem ganjil genap dari sebelumnya hanya tiga titik, yakni Jalan Sudirman, Thamrin, dan Rasuna Said, Jakarta

“Rapat tadi memutuskan bahwa titik ganjil genap yang tadinya tiga kawasan ini menjadi 13 kawasan,” ujar Sambodo dalam keterangannya, Jumat (22/10/2021).

Selanjudnya sambodo menegaskan, penambahan titik ganjil genap itu karena ada peningkatan volume kendaraan di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta dari semula level 3 menjadi level 2. Tercatat peningkatan kendaraan mencapai 37 hingga 40 persen yang masuk ke Jakarta pada saat PPKM level 2.

“Itulah sebabnya mungkin masyarakat hari hari ini lebih macet dari hari sebelumnya karena memang volume traffic sudah naik antara 37 sampai dengan 40 persen dibanding PPKM level 4 dan level 3,” kata Sambodo.

Kemudian Sambodo juga menjelaskan, penerapan sistem ganjil genap untuk 13 titik itu dilakukan Senin-Jumat dengan waktu dua sesi, yakni pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

13 titik jalan di Jakarta yang kini diberlakukan ganjil genap:

1. Jalan Sudirman

2. Jalan MH Thamrin

3. Jalan Rasuna Said

4. Jalan Fatmawati

5. Jalan Panglima Polim

6. Jalan Sisingamangaraja

7. Jalan MT Haryono

8. Jalan Gatot Subroto

9. Jalan S Parman

10. Jalan Panjaitan

11. Jalan Gunung Sahari

12. Jalan Tomang Raya

13. Jalan Ahmad Yani.