KPK Tangkap Tangan Bupati Musi Banyu Asin Sumatera Selatan

Oleh : Mirda Hamdi

Jakarta, Nusamedia.id Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin, ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT), pada Jumat (15/10/2021).

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat dikonfirmasi, Sabtu, membenarkan penangkapan terhadap Dodi.

”Benar KPK telah melakukan kegiatan tangkap tangan di Kabupaten Musi Banyuasin. Penyelidik KPK masih bekerja mengumpulkan bukti-bukti dan mengamankan beberapa orang. Mohon bersabar, akan kami jelaskan lebih detail setelah penyelidikan,” kata Ghufron..

Dalam rangkaian OTT, selain menangkap Dodi, penyelidik KPK juga mengamankan beberapa orang, termasuk salah satu pihak swasta. Hingga Sabtu (16/10/2021) pagi, penyelidik KPK masih memeriksa orang-orang yang diamankan.

Penangkapan Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin oleh KPK ini diduga terkait dengan dugaan korupsi pengadaan proyek infrastruktur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

Diketahui sebelumnya, Satu bulan yang lalu Kejaksaan Agung telah menetapan Alex Noerdin yang merupakan Gubernur Sumatera Selatan periode 2008-2018 dan juga merupakan ayah Dodi sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembelian gas bumi yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi atau PDPDE Sumsel. Pembelian pada 2010-2019 itu menimbulkan kerugian negara sekitar Rp 433 miliar.