Angka Kriminalitas di Wilayah Polda Metro Jaya Naik Selama Pandemi Covid-19

Oleh : EDO AKOMBET

Jakarta, Nusamedia.id Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan dalam keterangannya Selasa (5/10/2021), bahwa adanya kenaikan angka kriminalitas di wilayah hukumnya selama pandemi Covid-19 dibanding periode.

“Memang pada masa pandemi Covid-19 ini ada beberapa kejadian-kejadian yang sempat mengalami peningkatan,” ujar Yusri. (5/10/2021),

Selanjutnya Yusri mengatakan, peningkatan tidak terjadi pada kejahatan pencurian dengan kekeraasan (curas) atau pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Peningkatan hanya terjadi pada jenis tindak kejahatan lain.

“Kalau kami bandingkan dengan tahun lalu. Pada bulan yang sama, September 2021, contoh curas maupun curanmor itu penurunan,” ucap Yusri.

Kemudian Yusri menambahkan, saat ini Polda Metro Jaya telah membentuk tim khusus untuk mengantisipasi kejahatan yang meningkat pada pandemi Covid-19. Tim tersebut berada di bawah Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum). Tim yang dibentuk itu kemudian melakukan patroli pada titik-titik daerah yang rawan aksi kejahatan guna menciptakan keamanan untuk masyarakat.

“Kapolda sudah memerintahkan untuk membentuk tim-tim back up langsung dikendalikan oleh Krimum Polda Metro Jaya untuk memetakan mana-mana wilayah yang menjadi rawan kejahatan, contoh ya curas, curanmor, dan curat,” kata Yusri.