Lapas Kelas I Tangerang Terbakar

Oleh Team Nusamedia.id

Tangerang, Nusamedia.id Musibah kebakaran terjadi pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari.

Kebakaran yang terjadi di Blok C2 itu diketahui terdapat 41 korban tewas, delapan orang luka berat, dan 72 orang luka ringan.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly berujar, sebanyak 81 narapidana (napi) yang menempati Blok C2 dan selamat dari peristiwa itu bakal dipindahkan ke lokasi lain.

“Jadi yang 81 (napi) mungkin (dipindahkan) di blok lain,” ucap Yasonna kepada awak media, Rabu.

Selanjudnya Yasonna Laoly mengatakan, Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, Kemenkumham bakal memindahkan ke-81 napi tersebut ke lapas lain yang berada di Provinsi Banten.

“Kalau nanti tidak memungkinkan, kita geser ke tempat lain. Ada banyak (pilihan Lapas), ada yang ke Cilegon, Serang, ada beberapa,” sebut Yasonna. Namun, lanjutnya, pihaknya bisa jadi memindahkan para napi itu ke lapas di luar Provinsi Banten.

korban yang meninggal dalam musibah kebakaran tersebut saat ini telah dievakuasi ke dua RS yang berbeda di Kota Tangerang, yakni RSUD Kabupaten Tangerang dan RSUP Sitanala.

Saat ini, Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri dan Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya bersama Satreskrim Polres Metro Tangerang Kota bekerja secara maraton untuk mengetahui sebab kebakaran,