“Tak Penuhi Persyaratan 4.145 Tenaga Kesehatan di Sum Sel Batal di Vaksin”

Penulis : MIRDA

Palembang, Nusamedia.id Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Yusri mengatakan, Sebanyak 4.145 tenaga kesehatan di Sumatera Selatan batal disuntik vaksin Covid-19, lantaran tak memenuhi persyaratan.

Selain 4.145 yang batal divaksin, ada 1.101 tenaga kesehatan lain yang ditunda untuk penyuntikan vaksin Covid-19.

Salah satu penyebab batalnya di vaksin karena para tenaga kesehatan itu memiliki penyakit penyerta yang dapat berisiko tinggi

“Yang ditunda itu akan dijadwal ulang, karena ketika akan divaksin kondisi kesehatannya tidak memungkinkan. Sementara yang batal karena berisiko tinggi akibat ada penyakit penyerta seperti diabetes dan darah tinggi,” kata Yusri di Palembang, Selasa (2/2/2021).

Selanjudnya Yusri mengatakan, dari data Dinkes ada 48.470 tenaga kesehatan yang bersedia divaksin. Sampai saat ini, proses penyuntikan pun sudah berjalan sekitar 18,69 persen. Masih rendahnya angka pemberian vaksin untuk tenaga kesehatan tersebut akibat belum meratanya pemberian vaksin ke seluruh daerah di Sumatera Selatan.

“Dari total 48.470, baru 9.057 orang nakes yang disuntik vaksin. Kami targetkan semuanya selesai akhir Februari,” pungkas Yusri.