“Kasus Tes Antigen Tanpa Swab di Bandara Soekarno-Hatta diselidiki Polisi”

Tangerang, Nusamedia.id. Kasatreskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Alexander Yurikho menyatakan, telah melakukan penyelidikan soal adanya surat hasil tes antigen tanpa swab yang viral di media sosial TikTok dan hasil pemeriksaannyapun telah ada Namun, belum bisa dibeberkan hasil pemeriksaannya.

“Sudah ada (hasil pemeriksaan), besok ya,”, Minggu (31/1/2021).

Diketahui sebelumnya, sebuah video yang merekam layanan swab test antigen drive thru Covid-19 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, dengan hasil negatif tanpa swab viral di media sosial TikTok. Video tersebut diunggah oleh pemilik akun @jessicasugiharta. Dalam unggahannya, pemilik akun menunjukkan tiga surat dengan hasil tes negatif.

“Kita belum diswab kok udah keluar hasil???” demikian tertulis di dalam video. Pemilik akun kemudian menjelaskan bahwa dia dan dua orang temannya diminta memberikan kartu tanda penduduk (KTP).

Kemudian, Petugas di layanan drive thru Farmalab meminta uang sebesar Rp 200.000 per orang.

“Terus abis bayar disuruh nunggu di mobil. Jadi gw bertiga nunggu di dalam mobil,” ujar pemilik akun.

Sekitar 15 menit kemudian, pemilik akun bersama teman-temannya dihampiri oleh petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD). Petugas ber-APD itu memberikan kertas dengan nama sesuai KTP masing-masing dengan hasil tes negatif.

“Gw kira gw disuruh ngisi kertas, karena gw baru pertama kali swab. Ternyata itu hasil swab dan orangnya udah pergi,” ujar pemilik akun.

Lalu, pemilik akun heran dengan kertas hasil tes bertuliskan negatif tanpa swab terlebih dahulu.