RS Di Jakarta Hampir Penuh Pasien Kasus Covid -19

Penulis : Julianus Ginting, S.Ip.,MM

Editor : Pemi Sukendro, SE

Jakarta, Nusamedia.id. Slamet Budiarto Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DKI Jakarta, telah mengingatkan beberapa waktu sebelumnya bahwa, akan terjadi peningkatan kasus Covid-19 pasca libur natal dan tahun baru 2021

“Ya kan sudah mengingatkan sejak sebelum liburan bahwa kapasitas RS kita terbatas. Mungkin sudah banyak, tapi karena banyaknya pasien tidak cukup,” kata Slamet,Selasa (19/1/2021).

Namun, Slamet Budiarto menyayangkan himbauan yang disampaikan IDI hanya sebagai angin lalu. ternyata, masih banyak masyarakat yang bepergian di masa liburan Natal dan tahun baru. Bahkan banyak yang mengabaikan protokol kesehatan.

Akibat dari pengabaian masyarakat tersebut, kasus Covid-19 saat ini, melonjak dua pekan pasca libur panjang dan Rumah Sakit rujukan Covid-19 pun hampir terisi penuh meski kapasitasnya terus ditambah.

Selanjudnya Slamet Budiarto mengatakan, strategi penambahan kapasitas RS saat ini sudah tak bisa lagi dilakukan. karena, penambahan tempat tidur juga berkaitan dengan ketersediaan peralatan juga tenaga medis, pungkasnya.