Monumen Palagan Lengkong Direhabilitasi Pemkot Tangsel

Penulis : Hudromi

Tangerang, Nusamedia.id Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dalam keterangannya menjelaskan, bahwa saat ini Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan merehabilitasi kawasan Monumen Palagan Lengkong.

Benyamin Davnie mengatakan, bangunan dan monumen bersejarah tersebut sebelumnya tidak tercatat di Pemerintah Provinsi Banten. Maka pihaknya berencana mengambil alih kawasan monumen tersebut, kemudian dicatatkan sebagai aset daerah kota Tangsel.

“Jadi kami ambil alih dan kita catat sebagai aset dan kami perbaiki untuk mengenang peristiwa lengkong,” ujar Benyamin dalam keterangannya, Jumat (14/8/2020).

Selanjudnya Menurut Benyamin Davnie proses rehabilitasi bangunan di kawasan Monumen Palagan Lengkong dikerjakan oleh Dinas Bangunan dan Penataan Ruang. Sementara untuk pengelolaan selanjutnya akan ditangani oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota Tangsel.

“Bangunan aslinya tidak diubah, yang kami ubah hanya bagian bangunan yang sudah rusak parah,Sementara jendela dan struktur bangunan semua tetap sama. Lantai di mana darah pahlawan nasional Mayor Daan Mogot dahulu tumpah, itu tidak kami ganggu” katanya.