Jakarta Perpanjang PSBB Transisi sampai 30 Juli 2020

Jakarta, Nusamedia.id Gubernur DKI Jakarta kembali memperpanjang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi selama dua pekan untuk mencegah Covid-19, terhitung mulai Jumat (17/7/2020) besok sampai 30 Juli 2020.

“Kami di DKI Jakarta, Gugus Tugas memutuskan untuk kembali memperpanjang fase satu PSBB transisi ini sampai dua pekan ke depan sebelum kita bisa beralih ke fase kedua,” ujar Anies dalam tayangan YouTube Pemprov DKI, Kamis (16/7/2020) malam.

Anies mengatakan bahwa, pada masa perpanjangan PSBB transisi ini protokol kesehatan harus dipastikan terlaksana dengan disiplin.

Diketahui bahwa, hari Kamis ini merupakan hari terakhir pelaksanaan PSBB transisi di Jakarta.

Selanjudnya, Anies meminta agar seluruh warga untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Pemprov DKI pun menunda sejumlah kegiatan yang seharusnya mulai diizinkan beroperasi.

“Kegiatan yang akan dibuka terpaksa ditunda sampai waktu yang lebih aman. Pembukaan bioskop, tempat indoor lainnya, yang semula direncanakan akhir bulan, ditunda sampai kondisi menunjukkan tren membaik,” kata Anies.

Perpanjangan PSBB transisi ini dilakukan, setelah Pemprov DKI melihat adanya skor tiga indikator pelonggaran PSBB. Selain itu, Pemprov DKI juga melihat masih adanya penularan Covid-19 dengan angka reproduksi (Rt) di kisaran 1, yakni satu pasien bisa menularkan virus kepada satu orang lainnya.

Jumlah kumulatif kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta sampai hari ini telah mencapai 15.466 kasus dan 9.857 dari jumlah tersebut, dinyatakan telah sembuh, sedangkan 722 orang meninggal dunia. Kemudian, 777 pasien dari total kasus Covid-19 masih dirawat di rumah sakit dan 4.110 orang melakukan isolasi mandiri di rumah.